Posted by : Unknown Jumat, 23 Mei 2014


Ada yang tahu Kabupaten Sumenep???

Kabupaten Sumenep merupakan salah satu dari empat kabupaten yang terdapat di Pulau Madura. Memang, Kabupaten Sumenep memiliki kelebihan tersendiri jika dilihat dari sisi pariwisata, bahasa, dan budayanya. Banyak yang menyebutkan bahwa Kota Sumenep merupakan “Solo-nya Madura” karena jika dilihat dari sisi historis, di kabupaten ini terdapat keraton. Oleh karena itu bahasa madura orang sumenep lebih halus jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya. 

       Buat kalian yang suka travelling, terutama mengunjungi pantai, disana terdapat dua pantai yang sangat terkenal dan tidak asing bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara. Pantai tersebut adalah Pantai Lombang dan Pantai Slopeng. Dua pantai ini masih segelintir kecil pantai-pantai yang ada di Kabupaten Sumenep khususnya di daratan, karena Kabupaten Sumenep terdiri dari kepulauan-kepulauan yang masih memiliki pantai alami. Pantai lombang terletak di kecamatan batang-batang, sekitar 25 km dari pusat kota. Sedangkan pantai Slopeng berjarak 21 km dari pusat kota. 
Pantai Lombang dengan deretan pohon cemara udangnya dan pasir putih

       Pantai Lombang memiliki hamparan pasir putih sepanjang ± 12 Km. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai lombang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu pohon cemara udang.Hah? Cemara udang? Cemara udang adalah endemi tumbuhan khas dari pantai ini. Cemara Udang memiliki tinggi sekitar 4 meter di atas tanah, namun tidak seperti cemara pada umumnya yang tegak, pada cemara udang membungkus sehingga Nampak seperti udang. Ditengah kondisi cuaca di Pulau Madura yang terkenal panas, berlindung dibawah rerimbunan daun pohon cemara ini dapat sedikit menghela cuaca panas tersebut.Konon menurut sebagian besar masyarakat setempat, tumbuhan ini hanya tumbuh di Pantai Lombang dan beberapa pantai di perairan Laut Tiongkok. Pasir yang putih sangat cocok untuk anda yang gemar berjemur di bawah terik matahari, asal jangan terlalu lama aja, bisa-bisa jadi garam hehe.
Ombak yang tidak terlalu besar cocok untuk berenang
 
Pepohonan cemara udang yang rindang pada warung-warung di sekitar pantai
       Pantai Lombang juga menjadi lokasi wisata yang aman untuk berenang karena ombaknya yang relatif kecil. Hal yang sangat disayangkan adalah fasilitas pendukung wisata pantai Lombang Termasuk minim, hanya terdapat beberapa warung makanan dan minuman, kamar bilas seusai berenang di laut. Sementara Untuk penginapan berupa hotel atau Bungalou tidak tersedia di lokasi ini. Tapi bagi anda yang senang berkemah, disini anda dapat  mendirikan tenda di tempat yang telah disediakan. Untuk tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp 5 ribu ditambah biaya parkir kendaraan.
Pohon kelapa yang banyak terdapat di Pantai Slopeng

       Nah sementara pantai Slopeng memiliki ciri khas lain jika dibandingkan dengan pantai lombang. Di pantai ini terdapat banyak pohon kelapa seperti pantai pada umumnya, namun bedanya pasir di pantai Slopeng membentuk suatu tumpukan sehingga banyak terdapat bukit pasir di pantai ini. 
 
Tumpukan pasir yang membentuk bukit dengan pepohonan kelapa di pantai Slopeng
       Pantai Slopeng lebih mudah ditemukan karena lokasinya yang ada di tepi jalan, berbeda dengan pantai Lombang yang lokasinya masih menjorok ke dalam desa. Mengenai fasilitas yang ada di pantai Slopeng, terdapat banyak kantin disini, kamar mandi umum, ruang ganti, serta tempat istiahat dan taman bermain

{ 1 komentar... read them below or add one }

Copyright © Bons_Berry -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan