Posted by : Unknown Senin, 14 April 2014

Indonesia adalah Negara yang memiliki pengguna internet terbesar di Asia Tenggara. Internet di Indonesia saat ini sudah menjadi kebutuhan primer untuk para penggunanya, social media juga menjadi salah satu faktor penting besarnya pemakai internet di Negara ini. Bukan cuman itu saja berdasarkan Survei Data Global Web Index, Indonesia adalah Negara yang memiliki pengguna sosial media yang paling aktif di asia. Indonesia memiliki 79,7% user aktif di social media mengalahkan Filipina 78%, Malaysia 72%, Cina 67%. http://bebmen.com/4027/statistik-internet-sosial-media-dan-mobile-di-indonesia.html

Angka yang terbilang lumayan bukan?

       Apalagi di Indonesia social media sangatlah aktif digunakan, entah untuk berkenalan, menyapa teman, gebetan dan yang tak kalah penting adalah CURHAT heheh. Sebenarnya social media saat ini dapat difungsikan lebih optimal dari fungsi dasarnya sebagai media sosial. Artinya social media bisa digunakan untuk menjangkau market tanpa harus menemuinya, tapi hanya dengan post, tweet/status.

       Bisa dibilang social media sangat powerful untuk digunakan berbisnis. Sayang jika tidak memanfaatkannya. Nah sudahkah kamu termasuk menggunakan social media untuk bisnis kamu? Atau paling tidak, pernah gak ngeliat temen kamu jualan pakek social media?

       Saat ini, bisnis yang berbasis online shop sedang naik daun. Banyak orang-orang yang menggunakan Facebook, Twitter, blog, instagram, atau bahkan BBM Group sebagai “toko”nya. Namun ada yang berhasil dan ada yang tidak menggunakannya, bener gak? Hehe. Mau tau alasannya? 

Untuk saat ini, gue mau fokus ke twitter dulu. Di bawah beberapa tips untuk menarik dan mempertahankan followers. Tujuannya tentu saja memperkenalkan brand kita.
1.       Up To Date
Tertariknya followers untuk memfollow adalah dengan konten informasi yang kita berikan. Jika socmed kita tidak up to date lama kelamaan followers tidak suka kemudian unfollow. Contoh saja akun bola, followers maniac bola. Jika akun tersebut tidak memberikan info bola up to date, followers gak akan bertahan lama.
2.       Gak ada engagement
Selain up to date, buatlah followers greget dengan konten yang kamu miliki. Seperti banyolan, tweet kocak, lucu, yang menjadi bahan tawaan mereka agar tidak jenuh pada info yang itu itu aja. Tweet semacam itu diperlukan untuk mempertahankan followers karena mereka akan jenuh jika akun kita hanya berisi produk kita saja tanpa memberikan manfaat lain.
3.       Introspeksi
Tanda akun social media kita disukai adalah dengan bertambahnya followers pada social media kita. Jika berkurang ya sudah bisa dipastikan followers tidak suka dengan konten yang diberikan, saatnya berevaluasi. Lakukan "introspeksi akun" dengan melihat beberapa aspek seperti konten tweet kita, gambar produk kita dsb.
4.       Menerima kritikan
Terimalah kritikan atau masukan ketika followers kamu memberikan hal tersebut, jangan mengabaikannya karena merasa sudah sempurna. Karena sempurna menurutmu belum tentu sempurna menurut followersmu. Yang memberi kritikan atau masukan ya berarti followers peduli sama kamu, mereka ingin kamu membagikan hal ya baik lagi.

Nah kalau langkah di atas sudah diterapkan, trus brand kamu sudah banyak dikenal orang lain (followers) masih ada beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk mengelola atau mengisi konten dalam akun twitter tersebut.
1.       Not Konsisten
Konsistenkah kamu dalam social media tersebut? Brp kali sehari ngetweet/update status? Kunci sukses membangun merek dalam social media adalah narsis, setiap hari tiap waktu ada aja tweet/update.
2.       Tanpa rencana
Bingung ya tiap mau ngetweet/update status apaan ya yang mau ditweet/update hehe. Disini gunakan sebuah perencanaan, penjabaran dari besar ke kecil. Tulis tema yang mau di update hari ini, besok dst. Lalu cari isian tema tersebut secara detail, hari ini, besok dst. Jd ga bingung yang mau di tweet/update status.
3.       Gunakan 80%-20%
Tau apa 80%-20%? Social media adalah tempat berbagi info, manfaat, up to date. Jadi kalo selalu jualan followers/fans kita muak hehe. Sama seperti di dunia nyata jika kita tawarin dagangan terus ke teman, dia ga mau temenan karena di tawarin dagangan terus hehe. Jadi baiknya 80% manfaat, info, up to date. 20% jualan, agar fans/foll merasakan manfaatnya social media yg kita buat jg menjaga keloyalannya.
Sekian semoga tips di atas dapat bermanfaat :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Bons_Berry -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan